Klaten

Yaap, di postingan yang lalu saya telah menceritakan tentang kota Yogyakarta.., kota ? Provinsi Yogyakarta lebih tepatnya,.. Maka, pada kesempatan kali ini saya akan mengupas tentang kota/kabupaten yang berada di dekat Yogyakarta itu sendiri,. Kota yang terkenal dengan kesuburannya, (jarene).. hehe. Juga, kota tempat di mana saya dilahirkan dan tinggal sekarang ini.. hahiii. Berikut yang dapat saya berikan berdasarkan data wikipedia dan saya sendiri sebagai warga nya...

Klaten, ada yang gak tau di mana letak kota Klaten itu ?? kasian amat., katrok beud. haha
merupakan salah satu kabupaten megapolitan di Jawa Tengah., berbatasan dengan Kabupaten Boyolali di sebelah Utara, Kab. Sukoharjo di Timur, dan Provinsi DIY di sebelah Barat dan Selatan.
Secara astronomis, Kota ini terletak di antara 110derajat30menit -110derajat45menit BT dan 7derajat30menit - 7derajat45menit LS.
Menurut topografi kabupaten Klaten terletak diantara gunung Merapi dan pegunungan Seribu dengan ketinggian antara 75-160 meter diatas permukaan laut yang terbagi menjadi wilayah lereng Gunung Merapi di bagian utara areal miring, wilayah datar dan wilayah berbukit di bagian selatan.
Keadaan iklim Kabupaten Klaten termasuk iklim tropis dengan musim hujan dan kemarau silih berganti sepanjang tahun, temperatur udara rata-rata 28-30o Celsius dengan kecepatan angin rata-rata sekitar 153 mm setiap bulannya dengan curah hujan tertinggi bulan Januari (350mm) dan curah hujan terrendah bulan Juli (8mm) Sebagian besar wilayah kabupaten ini adalah dataran rendah dan tanah bergelombang. Bagian barat laut merupakan pegunungan, bagian dari sistem Gunung Merapi.

Asal muasal nama Klaten,. Ada dua versi yang menyebutkan tentang asal mula nama kota ini, saya sendiri juga tidak tau mana yang benar.. asal usul itu penting nggak penting sih.. pokoke intinya baik, karena pemberian nama itu pasti mempunyai tujuan dan merupakan do'a..(gayaku sok tau).. gini ni ceritanya,
Yang pertama. Jadi, Klaten itu dulunya berasal dari kata Kelati atau buah bibir. Kata kelati ini kemudian daisimilasi menjadi Klaten. Klaten sejak dulu merupakan daerah yang terkenal karena kesuburannya.
singkat ya ?? haha
Yang kedua, yang sedikit lebih panjang..
Klaten berasal dari kata Melati.. kemudian berubah menjadi Mlati, dan berubah lagi menjadi Klati, yang kemudian untuk memudahkan pengucapannya diubah lagi menjadi Klaten.. (lha kok isoh ?? lhambuh, haha :D)
Melati adalah nama seorang Kyai yang dahulu kala datang ke suatu tempat berupa hutan belantara. Kemudian beliau menetap di sana.. lama kelamaan, semakin banyak orang yang tinggal di sekitarnya,. dan terus berkembang hingga sampai saat ini.
Nama lengkap kyai tersebut adalah, Kyai Melati Sekolekan.. dari situ desa tempat ia tinggal diberi nama Sekolekan. Di tempat itu juga ia dimakamkan..
Sampai sekarang sejarah kota Klaten masih menjadi silang pendapat. Belum ada penelitian yang dapat menyebutkan kapan persisnya kota Klaten berdiri.

Hari jadi kota Klaten..
Klaten, semula merupakan bagian dari daerah swapraja Surakarta. Kasunanan Surakarta terdiri dari beberapa daerah yang merupakan suatu kabupaten.. Pada zaman penjajahan Belanda, tahun 1749, terjadi perubahan susunan penguasa di Kabupaten dan Distrik. Untuk Jawa dan Madura, semua propinsi dibagi atas kabupaten-kabupaten, kabupaten terbagi atas distrik-distrik, dan setiap distrik dikepalai oleh seorang wedono.
Pada tahun 1847 bentuk Kabupaten diubah menjadi Kabupaten Pulisi. Maksud dan tujuan pembentukan Kabupaten Pulisi adalah di samping Kabupaten itu menjalankan fungsi pemerintahan, ditugaskan pula agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan dengan ditentukan batas-batas kekuasa wilayahnya.

Berdasarkan Nawala , Senin Legi 23 Jumadilakhir Tahun Dal 1775 atau 5 Juni 1847 dalam bab 13 disebutkan :

"Kraton Dalam Surakarta Adiningrat Nganakake Kabupaten cacah enem"
“Kabupaten cacah enem iku Nagara Surakarta, Kartasura, Klaten, Boyolali, Ampel lan Sragen"
“Para Tumenggung kewajiban rumeksa amrih tata tentreme bawahe dhewe-dhewe serta padha kebawah marang Raden Adipati"

Dan untuk memperingati hari jadi kota klaten,. selalu diadakan karnaval di sepanjang jalan kota, yang pesertanya sangat banyak dan meriah dengan performance yang mereka tunjukkan,.
Kota ini terkenal dengan sebutan, Klaten BERSINAR (Bersih, Indah, Nyaman, Aman, Rapi)


Pariwisata,. untuk objek wisata di Kabupaten/kota Klaten, sebenarnya sangat banyak, mungkin ada juga yang belum saya ketahui..
Yang sangat menarik, dan sering dikunjungi oleh wisatawan diantaranya adalah :: Candi Prambanan, dan Candi Sewu. Komplek Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Klaten, Jawa Tengah dengan Sleman, DIY.. (kalo menurut saya sih, di komplek yang yang sangat luas itu,. Bangunan candi-candi nya masuk di wilayah Sleman, DIY.. sedangkan wilayah Klaten hanya memiliki lahan tempat parkir nya aja.. wah, payah)..
Selain itu candi Hindu terbesar di Indonesia itu, ada juga objek lain, seperti : Deles, yaitu tempat sejuk di lereng Gunung Merapi,. di sana kita dapat melihat keindahan alam.. namun karena letusan G. Merapi beberapa waktu yang lalu, tempat ini sekarang menjadi rusak..
Ada lagi, tempat wisata makam Pujangga dari kraton Solo yang sangat terkenal, yaitu Ronggo Warsito,. makam nya terdapat di Kecamatan, Trucuk.
Juga terdapat wisata air,. ini merupakan suatu kawasan tempat munculnya mata air, bertempat di kecamatan Tulung.. Wisata yang dapat dinikmati di sana adalah pemancingan dan pemandian.. Untuk pemandian, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis/tidak berbayar,. misalnya : Umbul Nilo (gratis), Umbul Penganten (gratis), Umbul Ponggok (berbayar), Umbul Cokro (berbayar) dan umbul lainnya.. sedangkan untuk pemancingan, sermuanya berbayar, karena dikelola oleh usaha warga. Tempat pemancingan yang terkenal adalah di desa Janti.
Objek wisata yang lainnya lagi adalah Makam Sunan Pandanaran yang terletak di Kelurahan Paseban, Bayat.. Di sana pengunjung dapat memarkir kendaraan di areal parkir serta halaman Kelurahan yang cukup luas. Setelah mendaki sekitar 200 anak tangga, akan ditemui pelataran dan Masjid. Pemandangan dari pelataran akan nampak sangat indah di pagi hari.
Serta masih banyak lagi wisata-wisata yang lain, seperti Museum dan area bermain Pabrik Gula Wono Gondang, Rowo (Danau) Jombor, Upacara adat Yaqowiyyu (sebar apem), dll..


Itulah sekiranya tentang Pariwisata di kota/kabupaten Klaten.. masuk pada topik bahasan selanjutnya adalah, tentang pendidikan di Klaten..
Terdapat beberapa perguruan tinggi di sini, antara lain :
Universitas Widya Dharma (UNWIDHA), STIKES Muhammadiyah Klaten, Akademi Akuntansi Muhammadiyah Klaten, Poltakes Negeri Surakarta jurusan Kebidanan, STIA Madani Klaten, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dewi Fortuna, STIKES Duta Gama Klaten, dan Politeknik Manufakturing (Polman) Ceper..
Untuk setingkat SMA dan SMK, di Klaten terdapat banyak sekolah favorit; seperti...
SMA N 1 Klaten (SMANSA), ini ni.. merupakan sekolah paling bagus dan ter favorit se-Klaten.. banyak yang ingin sekolah di sana, katanya anak-anaknya pinter-pinter, terus alumni nya banyak yang masuk ke PTN favorit, aah macem-macem sih orang mandang sekolah ini.. tapi, menurutku memang JOSS.. (sekolah ku gitu loh, hha).. selain itu, ada juga SMA N 2 Klaten (SMADA), SMA N 1 Karanganom (SMANSAKAR), dll..
untuk yang kejuruan, ada SMK N 2 Klaten, SMK N 1 Trucuk, SMK N 3 Klaten, dan masih banyak lagi..
Untuk jenjang SMP dan sederajat, terdapat SMP N 1 Klaten, ada lagi SMP N 2 Klaten, ada juga SMP IT Ibnu Abbas, SMP Muhammdiyah 1 Klaten, dan lain-lain.. apalagi jenjang sekolah dasarnya, ada buanyaaak banget.. hhehe


Sisi lain kota Klaten, sebagai kota yang memiliki daerah sangat strategis, yaitu terletak di antara 2 kota besar, Surakarta (Solo) dan Yogyakarta.. Klaten menjadi ikut terkena imbas dari kebudayaan 2 kota tersebut.. Memang, 3 kota ini sama sama menjadi bagian dari suku Jawa yang begitu eloknya, begitu ramah dan sopan.. Tapi, selain itu.. pola kehidupan masyarakat kota, terutama kota sebesar Solo dan Jogja juga ikut terserap oleh masyarakat Klaten yang sebenarnya masih sangat lugu dan polos.. Tetapi seiring dengan bergantinya zaman dan berkembangnya teknologi., semua hal dapat terjadi dengan begitu mudah dan cepat.. dan mau tidak mau, kita harus menerimanya dengan memilah-milah serta tetap memperhatikan norma-norma yang berlaku.


Demikian uraian yang dapat saya bagikan kepada para pembaca sekalian tentang kota ku tercinta, Klaten.. kurang lebih nya mohon maaf.. hehe
terima kasih



4 komentar:

nia handayani mengatakan...

haaaaah?

nia handayani mengatakan...

hehe,. lhoo ws tak ganti

nia handayani mengatakan...

koe sopo to?

nia handayani mengatakan...

aku nia :p

Posting Komentar